Latest News

Who am I ?

Well, mungkin telat untuk nulis curhatan ini :P , tapi  ya bagi yang bertanya2x siapa saya? apa kesibukan/kerja saya? kenapa bisa kecemplung di dunia maya seperti sekarang? ga ada salahnya saya nulis curhatan seinget saya aja disini... sekarang :v

Mungkin sudah banyak yang taw kalau saya selalu di depan PC. Ngapain? yaa.. semua orang punya jalan rizki sendiri, untuk saat ini mungkin ini jalan saya :). Nah saya mau cerita sedikit tentang ini, kenapa saya nyemplung disini :)

Saya kenal internet mungkin sekitar awal kuliah dulu, tahun 1998.. jaman orang ke warnet ga jauh dari mIRC dan browsernya Netscape Navigator :v. Jaman itu ke warnet ya sebatas bikin email (walau ga pernah dipakek pun), chatting di mIRC, or yahoo chat apalah saya dah lupa. Pada saat itu saya blank ama yang namanya komputer (sekarang jg sih), walau sejak SMP sudah punya komputer sendiri walau masih i486 yang pakek disket segede bagong :P. totally user only...

Sekitar 2002 mungkin awal2x game online yang saya kenal, waktu itu Ragnarok sepertinya. Karena sering mejeng di warnet, ya kadang iseng jg main.. walaupun hari ini bikin ID.. main.. lusa dah lupa password :v. Saat itu juga mulai suka bobongkaran komputer,awalnya adalah keinginan untuk punya komputer, jadi semua spek, teknologi, tutorial, saya suka baca sambil praktek instal2x ulang, minor service, dsb. Kebetulan waktu itu tempat saya kost, pemiliknya punya toko komputer, jadi suka belajar juga ke toko, diajarin simple maintenance yang ga banyak orang taw. Contoh PC blank kadang orang bilang rusak board, processor, vga, ram or apalah disuruh ganti.. ternyata cukup flash bios doang :P (toko nakal seperti ini katanya).

Pulang dari Bandung, kembali ke Bogor, saya coba membuka toko komputer kecil2xan yang menjual aksesoris komputer, dan juga rental dan jasa pengetikan, translate juga. Waktu itu ada 3 PC dengan hubungan internet, jadi sekalian saya install juga game2x online ringan untuk disewakan. dibilang warnet ya bisa, game center ya kagak...tapi ngenet bisa lah... Waktu itu sudah cukup banyak pelanggannya, karena modal saya JUJUR. seringkali orang yang memiliki masalah komputer datang, tapi maunya service on spot, dan anehnya.. sering banget saya datang, lom diapa2xin dah bener lagi itu PC nya -_- . karena ga ngapa2xin ya saya bilang no charge.. cukup kopi2x aja :P , tapi setidaknya setelah itu orang datang kembali mungkin beli tinta, dsb dan promosi dari mulut ke mulut. Menjaga hubungan baik dengan kustomer itu penting bagi wiraswasta (y).

Semenjak menikah, saya pindah ke Garut, dan toko di Bogor terpaksa tutup karena tak ada penerus brand-nya :( . Di Garut buka lagi dari NOL, kali ini pure warnet saja karena untuk toko aksesoris dsb sulit mengambilnya karena jauh dari Jakarta, dan dari Bandung harganya ga masuk untuk transportasi. Murni warnet, terpaksa saya jg ikut2xan main game haha.. waktu itu hanya SEAL ONLINE saja sih yang saya mainin. Waktu di Bogor saya sering mampir ke game center temen di Depok, dan katanya kalau cari info or cheat game ya ke nyit-nyit.net, waktu itu daftar namun hanya jadi silent reader bahkan seringnya ngga login.

Nah sekitar tahun 2008, mulai rajin login disana.. baca2x tutorial, menggabungkan beberapa ide, mencoba hal2x baru, menemukan teman share dan brainstorming terutama tentang glitch dan exploit game online. Sesuatu hal yang menarik karena saya ga ada background informatika pun :), setidaknya saya punya ide, dan ada orang lain yang kompeten untuk mencobanya... dan sukses :) . tahun 2009 saya jadi submoderator di forum N3 tersebut. Dari sini lah cikal bakal foruming dan belajar banyak tentang site building, SEO, dan segala macamnya. Beruntung memiliki pembimbing seperti Dono (founder N3 dan cofounder Indowebster), start from Zero.. really Zero.. Mulai dari blogspot, domain + Hosting, dimana hostingnya dikasih gratisan buat belajar. benar benar bersyukur...
VIP on N3

Exe.VIP / Veteran on Indowesbter

Dulu itu saya hanya berpikir blogging adalah sarana berbagi, curhat, atau diary saja.. nda pernah mikirin dari situ rejeki datang. sampai sekarang pun sebenarnya saya hanya menjalankan hobby curhat, yang kebetulan dibayar.. Eh iya, saya dan istri juga aktif mencari rejeki dari online melalui Online Translator, biasa cari job di proz.com, translatorscafe.com, or direct client. Lumayan sangat ini loh.. dan ini.. juga... rejeki Online. Untuk artikel penerjemahan online mungkin curhatan sangat lama di blog ini bisa berguna --> Menjadi Penerjemah Online

Karena kesibukan di kota baru, dan istri yang memiliki profesi baru sebagai PNS Dosen. Kegiatan penerjemahan online sedikit demi sedikit ditinggalkan. Keaktifan saya di forum jg berkurang, sehingga saya resign dari N3 dengan posisi terakhir co-admin (babu elite tukang sapu) pembantu admin. Saya belajar banyak di forum itu, berkenalan dengan berbagai macam mahkluk.. dari yang pagi kerja di konsultan IT, malamnya jadi batman underground, dsb. Di Kota baru Semarang, full saya bekerja online dari blogging, site building, dan sedikit penerjemahan khusus dari client lama saja..

Hingga sekarang saya di Jepang, beginilah kesibukan saya, di depan PC.. curhat. Kalau ditanya, punya situs berapa, apa aja? saya cuma bilang banyak... dan.. situs yang muncul di status FB seperti blog ini hanya pelampiasan curhat saja, nda monetizing. Saya ga bakal dapet duit dari curhat disini, mungkin dapet fans doang :P or hater :v . Money site saya? Hanya saya, dan mbah google yang taw.. dan mungkin sebagian orang kepo kurang kerjaan aja yang taw :v.

So kesimpulannya?
  • Apakah saya ahli IT?
    Ngga, tapi saya kenal banyak ahli IT yang siap membantu jika dibutuhkan
  • Apakah saya jago coding, dsb?
    Ngga juga, tapi saya kenal banyak ahli dibidang itu yang tinggal di kontak
  • Apakah saya Hacker kelas cupang karena mantan N3?
    jangankan kelas cupang, kelas kutu air aja kaga.. masuk N3 kandang hacker/cracker sampe posisi co-admin pure karena saya ganteng.. titik.
  • Apakah saya master blogger yang earningnya karungan atau fortuner seminggu sekali?
    Ngga, saya hanya casual blogger.. blogger tipe curhat yang kebetulan dibayar. Tapi saya kenal banyak orang yang earning karungan, dari karung recehan, lembaran, sampe batangan...
  •  Rahasianya apa?
    Gunakan semua resource dan koneksi yang anda punya untuk mewujudkan ide anda. Modal utama ya Ide.. dan serahkan semua porsi pada ahlinya. Contoh dalam blogging, punya ide keyword brilliant, beli domain dan manage hosting pada ahlinya. butuh backlink, serahkan pada ahlinya juga, dan seterusnya. Tapi, kita harus faham juga teori kerjanya dan kombinasikan. Kemampuan planning dan manajerial itu penting.. daripada punya 6 orang dengan skill biasa atau tidak sesuai keinginan,  mending punya 2-3 orang hebat sesuai kualifikasi.

So Who Are You?
I am just a proud husband, a happy father who will do anything to fulfill my duty, to give all my best on all i have...

1 Response to "Who am I ? "