Latest News

Firzan Nainu - "Little Fly, Flying High !!"

Detik2x Sidang
Wah, lama ngga curhat di blog curhatan ini. sekarang mau curhat lagi ah...
Sekitar setahun lalu, tepatnya 10 February 2016 saya pernah membuat tulisan kecil sebagai bagian dari program daily photo/story (yang ga berlanjut :v). Waktu itu saya menulis tentang menghadiri sidang defense Doktoral salah satu kawan di Kanazawa ini. Firzan Nainu sang Jenderal Drosophila saya memanggilnya. (link artikel >>> DISINI <<<< ).

Di akhir artikel itu saya berjanji akan melanjutkan artikelnya (kalau ga malas).. namun ternyata keburu malas. but yeah.. sekarang saya tunaikan janjinya deh hehe. semoga berkenan yaaa...

Siapa Firzan Nainu?
Well kita mulai dari siapa sih om Firzan Nainu itu sampai saya spesial bikin artikel sendiri (sebenarnya pengen bikin artikel tentang semua orang hebat yang saya kenal disini, suatu saat yaa). Bagi saya om Firzan adalah kawan, lawan, mentor, motivator, etc.. Kawan pertama yang ngajakin ke lapangan basket, sampai bela2xin kumpulin anak2x labnya untuk main basket.. di waktu salju.. catet.. salju2x main basket di gymnasium !!. tinggi badan saya yang 170 an terasa 150 karena mengkeret.. Sampai saat ini satu2xnya pengalaman nonton defense doktoral, satu2xnya yang sampai 1 malam sebelum pulang ke Indonesia masih keliling cari koper tambahan :v , dan satu2xnya yang sempet saya antar ke stasiun... singkat kata.. one of my best friend.

After Last Dinner @Marugame, sebelum .... cari Koper :P

Sayonara... sampai berjumpa lagi
 Firzan Nainu sendiri menurut blognya di firzannainu.wordpress.com adalah staff pengajar di Farmasi UNHAS. Menyelesaikan S1 di UNHAS, S2 di John Cook University Queensland, dan S3 di Kanazawa University Japan.
Saya ingat dulu beliau pernah cerita, saya ini S1 bahas tanaman Habatussauda, S2 nya berenang ama Penyu, nah S3 malah main pelotot2xan sama lalat buah. Terkait dengan studi S3 nya di Kanazawa yang objeknya lalat itu banyak cerita sendiri sebenarnya, tapi seharusnya om Firzan sendiri ini lah cerita hehe. Satu hal yang pasti, dibalik semua kesuksesannya disini, graduate with honor, sampai masuk jurnal kualitas okeh.. terdapat perjuangan yang ga mudah. Saya hanya dengar cerita beliau, dan ikut merasakan itu tidak mudah.. dan saya yakin banyak orang, khususnya yang sedang belajar menimba ilmu di luar negeri akan mengalami nasib yang sama dengan om Firzan, namun belum tentu semua dapat melewatinya.. tak sekedar melewati, bahkan melompati kalau menurut saya.

Sekitar 1 tahun berlalu semenjak beliau kembali ke Indonesia dan mengabdikan dirinya, sekarang sudah melanglangbuana kembali. Praktis saya hanya update berita dari dunia maya, namun baca ceritanya aja udah ikut bangga (y). Pada saat artikel ini dibuat, beliau sedang berada di Manchester Inggris, tapi bukan untuk nonton bola ya, soalnya lagi offseason. Di sana beliau melanjutkan riset kolaborasi antara UNHAS dan University of Manchester, tapi mungkin sambil intensif training PES juga sih.
Sekarang beliau membuat "Fly Indonesia" sebagai sarana publikasi pengenalan Drosophila sebagai organisme model yang dapat membantu untuk menjelaskan konsep-konsep pengetahuan secara praktek yang kemudian dipadu dengan riset. Jadi, mahasiswa dapat melihat bagaimana sebuah konsep fisiologi, biologi molekuler, biokimia, atau farmakologi dibuktikan secara in vivo maupun ex vivo. Selain itu, mahasiswa dapat melaksanakan riset seluler dan molekuler in vivo dan ex vivo yang cukup mudah, murah, dan memiliki reputasi internasional.

btw, goodluck om... pencapaian luar biasa untuk ukuran waktu yang singkat. Ditunggu selalu prestasi2x lainnya. Tetap selalu menjadi motivasi kami... doakan semoga kami cepat menyusul kembali pulang dan mengabdi.. aamiin.

Recommended Link
Firzan Nainu FB Profile - https://www.facebook.com/firzan.nainu?fref=ufi
Fly Indonesia - https://flyindonesia.wordpress.com/

Facebook Pages Fly Indonesia - https://www.facebook.com/DrosophilaIndonesia/?pnref=story

2 Responses to "Firzan Nainu - "Little Fly, Flying High !!""

  1. Waaaah.. terima kasih banyak atas tulisannya om Yudawa. Senang bangeeeet!! Banyak hal yang berkesan setelah kenal om Yudawa. Sekarang makin mentereng dengan kamera dan foto2 profesionalnya yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. who is this...
      jangan2x ini sang Jenderal...
      #sungkem...

      Delete